Honda CBR 250R, Juragan Batik Punya Gaya

Memiliki Honda CBR 250R standar pabrikan dirasa masih kurang pede untuk dikendarai. Tidak heran bila H. Abdul Aziz Haki sang pemilik motor ingin tampilannya direkayasa ulang, sedikit berubah dari standar.

Setelah motor jadi terbukti tidak hanya ditunggangi, Aziz sapaan akrabnya juga jadi makin percaya diri menurunkan besutannya di ajang IRC-MOTOR Plus Modification Contezt 2011 di Bursa Otomotif Ramadhan, Senayan beberapa waktu lalu.

“Terus terang turun di ajang contezt modifikasi seperti ini jadi pengalaman baru buat saya. Apalagi bisa langsung melihat motor lain yang ikutan,” jelas pria asal Pekalongan ini yang turunkan motor di kelas Sport Advance.

Tampil di kelas Sport Advance memang butuh ubahan apik pada bagian detail motor. “Ada beberapa yang berubah mulai dari kondom tangki, pemanjangan fairing dan deltabox yang konsepnya dibuat sport racing look,” sebut Ariawan Wijaya builder bengkel Baru Motor Sport (BMS) yang menangani ubahan ini,

Untuk kamuflase model deltabox, Ari mengandalkan bahan serat fiber yang didesain biar pas duduk di rangka tengah motor. “Cover asli di bawah tangki terpaksa harus dikorbankan. Itu karena posisinya dirasa menggangu pemasangan cover deltabox,” lanjut builder yang selalu berpenampilan trendy.

Alhasil cover samping di bawah tangki kini dimensinya jadi lebih kecil. Ubahan ini justru bikin tampilan Honda CBR 250R jadi makin sporty. “Memang menginginkan ubahan motor yang lebih sporty, makanya areal fairing bawah juga ikut dibuat menyatu dengan fairing utama,” bilang pengusaha batik Pekalongan ini.

Makin sip sektor kaki-kaki juga jadi perhatian, sok depan langsung dipasang upside down milik Kawasaki ZX6 keluaran  2011. “Suspensi depan benar-benar istimewa seperti motor baru,” bilang Ari yang lokasi bengkelnya ada di Jl. Palmerah Barat, Jakarta Selatan.

Sedang untuk lengan ayun belakang mengandalkan satu set berikut sok milik Honda CBR 600. “Ubahan kaki-kaki ini yang saya suka. Motor jadi kelihatan kekar layaknya moge,” timpal Aziz yang mempercayakan kedua pelek dari Suzuki GSX 1000.

Ngejar tampilan racing look knalpot pun diganti dengan tipe racing. Mengandalkan saluran buang produk Yoshimura.  “Suara knalpot cocok dengan tampilan motor ,” bangga Aziz.

DATA MODIFIKASI
Ban depan  : Pirelli 120/70-17
Ban belakang  : Pirelli 190/50-17
Knalpot    : Yoshimura
Engine Cover: Bikers
BMS: 0819-1511-3717