EMSA, Spesialis Karburator Penipu Pembalap Liar

Bengkel bubut EMSA di Jl. Arif Rahman Hakim, Kota Depok, Jawa Barat telah membuat banyak pembalap liar tertipu. Eit…, jangan ambil konotasi jelek dulu. Sebab, hasil karya tukang bubut di bengkel yang dipimpin Arief Susanto itu luar biasa.

“Kami bisa mengubah karburator vakum jadi skep biasa. Tapi, tampilan luarnya tetap karburator vakum,” buka Arief yang sudah mulai bubut-membubut sejak 2001 itu.

Karena penampilan luarnya masih karburator standar vakum itulah yang menipu para pembalap liar. Soalnya, di balapan liar, ada kelas karburator standar.

“Saya bikin karburator vakum jadi standar skep juga atas permintaan konsumen. Jadi, sebenarnya mereka yang menipu, he..he..he..! Tapi, sebelum mengerjakan buat konsumen, saya praktikin dulu di karburator Mio saya. Habis tiga sebelum hasilnya sempurna,” papar Arif yang jagokan Ujang sebagai spesialis karbu.

Dengan 8 karyawan, bengkel bubut EMSA sebenarnya tidak hanya fokus di urusan memodifikasi penyuplai bahan bakar. Sebab, mereka juga sudah tenar ‘merapikan’ kepala silinder. Mulai dari membesarkan klep, hingga mengubah kubahnya. Semua bisa dikerjakan sesuai keinginan konsumen.

Toh Arif tidak mematok harga untuk karyanya. Semua dia serahkan pada negoisasi. “Sulit ngasih harga pasnya. Kadang Rp 50 ribu untuk jasa kadang juga bisa lebih dari Rp 200.000,” sebut bapak tiga  putra itu.Bengkel Bubut EMSA
Jl. Arif Rahman Hakim, Kota Depok, Jawa Barat