Waspada Jika Rumah Sekring Mulai Terbakar

Meskipun aki yang dilengkapi sekering jauh lebih aman, bukan berarti pemilik motor tidak perduli dengan perawatan. Apalagi kalau rumah komponen pengaman ini tidak dilengkapi ukuran sekering tepat, atau soket sudah mulai kendur. Sangat mungkin wadah sekering dapat terbakar akibat kepanasan.

Apalagi nggak paham tugas sekering, sehingga seenaknya mengganti ukuran yang tidak sesuai spek. Belum lagi jika sekering putus diganti kawat ukuran besar dan tidak mudah putus bila korslet.

“Itu sih kayak ampere kegedean dan kayak gak pakai sekering. Padahal, yang benar kawat sekering putus kalau korslet. Akibatnya saat panas, yang diserang rumahnya selain kabel utama,” ujar Supriyanto alias Supray, mekanik Suzuki Motor Mahkota Depok.

Biar posisi pasang sekering dan terminal soket kabelnya pas, rumah sekering yang kelihatan mulai terbakar baiknya diganti baru. Namun jika dilakukan di bengkel resmi, rumah sekering wajib ganti berikut kabel bodi.

Tapi kalau ingin prosesnya mudah dan cepat, rumah sekering terbakar tadi dapat diganti dengan part lain, macam rumah sekering punya mobil atau motor yang mungkin modelnya berbeda. Sedang harga di pasaran sekitar Rp 20 ribuan sudah termasuk rumah dan sekering.

Biar hasilnya lebih bagus, baiknya tetap gunakan kabel aslinya. “Begitu juga dengan terminal yang akan dipakai,” imbuh Supray yang praktik di Jl. Margonda Raya (depan Mitra 10), Depok.

Adapun caranya, kabel asli dipotong agar kelihatan kawatnya buat pengangan terminal sekering. Baru deh kemudian ditempatkan ke rumah sekering baru, yang ukurannya sudah disesuaikan dengan tipe motor.