Tekanan Angin Pada Ban Mendukung Kinerja

Ban, layaknya alas kaki bagi manusia. Dengan sol sepatu tipis, tentu bikin tekanan kaki ke permukaan jadi kurang nyaman. Begitu juga ban. Ban tipis, cenderung mempunyai efek benturan lebih keras ketimbang profil tebal.

Terutama ketika melintas atau terbentur lubang. Jika tekanan angin tidak tepat, efek benturan juga bisa berimbas ke pelek. Pelek jadi peyang! So, tidak ada salahnya menyesuaikan pemakaian ban dengan kondisi jalan yang bakal dilalui sehari-hari. Jangan lupa juga, tekanan udara ban!

Selain mendukung kinerja ban, tekanan udara di ban juga punya pengaruh dengan konsumsi bahan bakar. Ban yang kempis dapat dipastikan juga akan membuat konsumsi BBM menjadi sedikit lebih boros.

Perawatan ban juga perlu dilakukan. Tentu demi memperpanjang usia pakai. Misal, memperhatikan kebersihan ban. Kompon ban yang sensitif, bisa lebih cepat habis jika ban dibiarkan kotor. Begitu juga kerikil yang menempel di alur ban. Adanya kerikil yang menempel, bisa membuat habis permukaan ban jadi tidak rata.

Yuk, dirawat!