Bursa Poles Bodi Motor, Bikin Tampilan Lebih Cling!

Produk didominasi kemasan besar
Pengendara yang pengin santai bisa mengunjungi tempat cuci motor yang sekaligus juga terima poles motor. Seperti di bengkel cuci CV Putra Mandiri yang ada di Jl. Pondok Kelapa Raya, Blok A12, No. 3, Jakarta Timur.

Di bengkel ini spesial menerima poles motor tipe apa saja. “Bahan poles yang dipakai buat motor sama dengan yang dipakai buat mobil,” terang Marta, penggawang CV Putra Mandiri.

Krim dan cairan yang mereka pakai merek 3M. Walau ramai pengunjung, bengkel ini tetap menerapkan poles manual. Dengan mengandalkan lap kering berbahan wool untuk menggosok. Hanya motor tertentu yang dipoles memakai mesin. Seperti bagian tangki motor sport. Karena bidangnya memang mencukupi untuk memakai mesin poles.

Proses polesnya sendiri terdiri dari 2 step, yaitu proses kompon dan finishing. “Kompon juga pakai 3M, yang fungsinya menghilangkan goresan di bodi motor. Sedangkan finishing memakai pasta wax yang bermanfaat buat mengilapkan cat biar terlihat nyata bedanya sebelum dan sesudah dipoles,” promosi Marta.

Tarifnya tergantung dari tingkat kesulitan dan banyaknya bagian bodi. Untuk motor sport Rp 100 ribu dan motor kecil, bebek dan matik antara Rp 50-60 ribu. Motor sport memiliki bodi yang bongsor dan bagian yang dipoles lebih banyak, termasuk mesin. Maklum mesin motor sport banyak bagian yang terlihat.

“Untuk mesin motor sport agar makin kinclong dipakai cairan yang biasa kita sebut HF. Untuk itu takarannya harus pas,” lanjut Marta yang kurang paham ketika ditanya apa itu HF.

Selain bahan poles yang dipakai bengkel, di pasaran banyak tersedia bahan poles, tetapi umumnya kemasan untuk poles mobil. Jarang kemasan yang mengkhususkan buat motor. Sehingga harganya pun lumayan mahal, antara Rp 60 ribu hingga Rp 160 ribu.

Buat pemilik motor yang pengin melakukan polish sendiri, bisa pakai produk yang banyak dijual di pasaran dengan harga relatif murah. Seperti merek Kit. “Kalau nggak biasa moles sendiri sebaiknya hati-hati. Jangan terlalu menekan ketika menggosok. Salah-salah cat motor malah jadi tipis,” wanti Marta.

Kemasan khusus buat poles motor masih jarang
Selain Kit produk yang relatif baru bisa dipakai adalah Lic Polish Motor. Produk ini menyediakan kemasan yang khusus buat motor. Bahkan klaimnya Lic bisa dipakai untuk semua bagian motor, baik bodi, mesin dan kaca serta jok.

“Bahan dasar Lic dari Amerika dan Jerman. Berbahan dasar air, bukan amonia, bukan wax, bukan pula silikon dan tidak mengandung alkohol. Tetapi berisi  polyoxyethelene, polyethelene dan acrylic dengan teknologi nano,” tambah Leo, marketing Lic dari kantornya di Ruko Arjuna Square, Jl. Arjuna Utara, Kedoya, Jakarta Barat.

Untuk motor, Lic juga menyediakan kemasan kecil 25ml yang kalau di pasaran kisaran harganya Rp 12 ribu. Bisa dipakai 2-5 kali. Kemasannya lebih ekonomis dengan harga yang sangat terjangkau.

Bahan poles lainnya juga banyak tersedia di toko variasi seperti bahan dasar silikon macam Amway Silicon Glaze. Harga jualnya memang cukup mahal kalau dibanding dua produk yang disebutkan sebelumnya. Yakni, sekitar Rp 90 ribu. Bahan sililon yang dimiliki dipastikan melindungi cat yang ada di bodi motor.