Nih, Manfaat Karet Ban Dalam Bekas

Potongan karet ban dalam usir getar
Eits, bagusnya jangan dulu dibuang karet ban dalam yang sudah tidak dipakai! Lebih baik ya disimpan. Soalnya banyak manfaat yang bisa digunakan dari karet ban dalam bekas ini untuk motor kesayangan.

Salah satunya dapat dimanfaatkan sebagai peredam areal setang pada tunggangan yang kemudinya bergetar. “Ini kerap dialami motor jenis sport lawas yang getaran mesinnya mulai terasa ke seluruh bodi motor,” jelas Aris dari bengkel BJ Speed di Krukut, Cinere, Depok.

Pastinya getaran setang ini sangat mengganggu berkendara. Nah, untuk mengusir getar pada setang cara aplikasinya mudah kok. Mula-mula siapkan potongan karet ban dalam dengan lebar menyesuaikan raiser setang dan panjangnya dibuat sama dengan diameter setang. Kemudian lepas baut pengikat yang ada di bagian raiser setang.

Setelah raiser dan setang terurai tinggal melakukan proses pemasangan kembali. Lantas jangan lupa selipkan potongan karet ban dalam tadi antara dudukan setang maupun raiser. Setelah itu baut pengikatnya dikencangkan, beres deh..!

Oh ya selain itu karet ban dalam bekas ini juga bisa dimanfaatkan lagi untuk mengganjal karet damper yang terletak di teromol. “Karet damper yang aus biasanya lantaran umur pakai. Jadi kondisi karetnya memang sudah merenggang. Akibatnya bakal terasa entakan yang kuat pada gir belakang saat gas mulai dibuka,” jelas Aris lagi.

Bagian dumper teromol yang mulai longgar bisa diganjal dengan potongan karet ban. Tapi, ingat tips ini untuk sementara atau darurat. Kalau dana sudah terkumpul jangan lupa segera ganti baru karet damper teromol tadi.

Jangan lupa ya!